Reportase Hari Ke 3

Pra LKMA 2017
Tour de Java : Exploring National University & Centre of Excellence
19 - 30 Maret 2017

Catatan hari ke-3
Rabu, 22 Maret 2017

*Dari Manarul Ilmi ke Al-Hikmah*

Alhamdulillah... Muhteşem... Allahuakbar... Evet!!!

01.30 dini hari. Tiba di Kota Apel, Malang. Hari baru, semangat baru. Sebagaimana di kota sebelumnya, sambutan hangat pun kami terima dari alumni dan Fosis yang menjemput kami di Stasiun Kota Malang. Masya Allah.

Tak lama, sekitar jam tiga pagi delegasi Pra LKMA 2017 sudah memulai aktivitasnya kembali. Di hari ketiga ini delegasi seperti biasa mengawali dengan shalat Tahajud dan juga bersih diri. Tak lupa shalat Subuh berjamaah di Masjid Al-Hikmah Universitas Negeri Malang. Di Masjid inilah, kami beristirahat sejenak dari Surabaya-Malang yang ditempuh selama dua jam. Di sini kami sudah dinanti teh manis hangat dan camilan yang juga hangat. Masya Allah...

Selepas shalat Subuh, delegasi yang akan tampil di  hari ketiga ini melakukan gladi bersih sesuai dengan yang dicontohkan oleh trio manstap guru-guru pendamping kami : Ust Anas, Mr Badri, dan Pak Ahdati.  

Kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan dan penyerahan amanah CoD hari ini dari Hanif Hidayaturrahman kepada Satria Piningit. CoD pendamping juga diserahterimakan dari Ustadz Anas ke Pak Ahdati. Sungguh hari yang lebih semangat dari hari kemarin.

Alhamdulillah, kami masih bisa shalat dhuha.  Tepat pukul 07.30, delegasi bersegera menuju Aula Gedung Perpustakaan. Sesi yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Jika pada hari sebelumnya Ust Choirul Anas yang mewakili pembina untuk menyampaikan sambutan, saat ini adalah giliran Bu Fatimah sebagai perwakilan pembina. Setelah itu, delegasi yang diwakili oleh ananda Hana Fadila, Salma L dan Hafidzoh melakukan presentasi dengan moderator oleh Adam dan Syabib. Tampilan presentasi yang luar biasa bahkan membuat tamu undangan kagum dibuatnya.
"Merinding saya, gak bisa bicara apa-apa...  Kalian kok bisa seperti ini, sangat on the track, semua serba tertata, kemampuan berbahasanya juga sangat baik, Saya jadi ingin sekali menyekolahkan anak-anak saya di sini ... Kalian juga sangat tertata dalam mengikuti semua proses Pra-LKMA  ini, Insya Allah LKMA kalian akan sukses." ujar Dra. Nelly sebagai staf senior humas UM, setelah menyaksikan presentasi. Subhanallah, komentar positif selalu datang menyambut kami. Kami tak boleh lengah apalagi jumawa. Tidak. Kami harus tetap fokus dan tawadlu. Harus!

Usai di kampus pendidikan UM, delegasi berangkat ke kampus Universitas Brawijaya. Dilanjutkan dengan shalat Zhuhur berjama'ah yang dijama' dengan Ashar di Masjid Raden Fatah. Selepas shalat, delegasi bersiap-siap menuju aula FTP UB (Fakultas Teknologi Pertanian).
Di FTP, delegasi disambut oleh DR. Yusuf Hendrawan, S.Tp. M.App. Life. Sc. Ph.D, Wakil Dekan 3 FTP UB. DR. Sucipto, S.Tp, M.P, ketua Jurusan TIP FTP, dan Bu Ella Saparianti, S.Tp. M.P ( perwakilan dosen).

Dibuka dengan presentasi kegiatan kemahasiswaan yang sekaligus memotivasi kami oleh Mahasiswa ARSC (Agricultural Research and Science Club). Kegiatan ilmiah mahasiswa FTP UB yang telah mampu mengangkat nama harum FTP UB di kancah kompetisi nasional dan dunia. Masya Allah, sungguh makin melecut semangat juang kami.

Sesi presentasi yang kami nantikan pun tiba. Dengan duo MC Ahmad Faqih dan Alif Firman  dan trio presentator Dini, Gusti dan Bella. Alhamdulillah, penampilan mereka sangat mempesona Wakil Dekan 3 FTP. Sehingga meluncur kata-kata dari Beliau,  "Kata pertama adalah luar biasa, saya baru menemukan program seperti ini di Insantama. Saya harap kalian benar-benar menjadi pemimpin. Saya tunggu kalian di sini. Terus kembangkan program LKMA hingga terjalin network yang luas. Presentasinya sudah sangat bagus... LKMA ini juga menginspirasi saya dalam mengembangkan kemahasiswaan di FTP UB." Masya Allah. Tak berhenti sampai di situ, beliau juga menambahkan, '"Tadi ada bagian shortmovie  yang menggambarkan kalian sedang sholat di bandara, itu juga pernah saya lakukan, kalau kalian melakukan bersama, saya melakukannya sendiri, cara yang seperti itu adalah cara yang sangat bagus untuk berdakwah", ujar beliau. Masya Allah.

Di FTP,  delegasi diberikan kesempatan untuk berkunjung ke berbagai laboratorium, seperti lab pengolahan pangan,  dll. Kakak-kakak dari ARSC dengan senang hati mendampingi kami semua.  Selesai mengeksplor kampus, delegasi langsung menuju Masjid Raden Fatah dan melaksanakan kegiatan presentasi dan diskusi dengan mahasiswa berprestasi dan aktivis dakwah UM dan UB.  Materi presentasi yang disampaikan oleh Haiqal Oky dan Wali Hakim  dengan moderator Aulia L dan Syafina. Penampilan mereka sangat berkesan di hadapan beberapa dosen dan mahasiswa berprestasi dan aktivis  dakwah,  meskipun suara sound sedikit dikecilkan karena sesi kali ini diadakan di masjid.
"Luar biasa, adek-adek hebat, baru semester 4 SMA mampu menjadi moderator dan presenter yang hebat dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris yang bagus, seorang mahasiswa yang hampir lulus saja tidak mampu melakukannya. Adek-adek beruntung sekali". Kata Mas Ikhsan, salah satu mahasiswa berprestasi UB.

Kami juga mendapatkan kejutan yang luar biasa yaitu beberapa siswa dan guru SDIT Insantama cabang Malang datang untuk menemui kami. Adik-adik kami ini juga menitipkan surat istimewa untuk saudara-saudaranya di SDIT Insantama Bogor. Sungguh mengharu biru hati kami...

Saat adzan berkumandang dan itulah tanda selesai sesi diskusi kami dengan para mahasiswa. Taklama kami pun bergegas melanjutkan rihlah ilmiah dan dakwah kami.
Akhirnya malam yang semakin larut sebagai pananda perjalanan kami ke Yogyakrata, yang harus kami lahap selama tujuh jam.

Bunga boleh mawar bunga boleh melati
Lelah boleh tak dapat ditawar, tapi semangat tetaplah tinggi

Nantikan terus berita dari kami…